1. Klik menu File > New sehingga muncul jendela Task Pane yang menampilkan bahagian New Document.
2. Setelah itu, pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. (Boleh juga memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan.)
Di dalam Tool Bar juga terdapat tombol New Blank Document (Gambar) yang befungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela Task Pane.
• Margins: untuk menentukan batas atas (Top), kiri (Left), kanan (Right), dan bawah (Bottom) dokumen, dan ada juga orientasi kertas.
• Paper Size: untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilihnya pada menu drop-down.
Secara default, satuan yang digunakan pada ruler mahupun margin adalah inchi. Untuk mengubahnya ke centimeter, klik menu Tools > Options sehingga muncul kotak dialog Options. Pilih tab General. Pada bahagian Measurements Units, gantilah satuan ke Centimeters.
1. Klik menu File > Save atau File > Save As sehingga muncul kotak dialog Save As (Gambar).
2. Di dalam kotak dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut:
• Save in: tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan.
• File name: ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
• Save as type: type dokumen, gunakan default yang diberikan, iaitu Word Document.
• Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
Untuk menyimpan dokumen lama yang telah diedit, klik menu File > Save. Apabila dokumen tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeza, klik File > Save As sehingga caranya sama seperti menyimpan dokumen baru. Apabila menyimpan dokumen, nama yang digunakan sama dengan nama yang sudah ada di dalam folder, maka kotak seperti ini(gambar) muncul.
• Save change with a different name: menyimpan dokumen baru dengan nama lain.
• Merge into exiting file: menggabungkan perubahan yang dilakukan kedalam file yang sudah ada.